<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Selasa, 01 Januari 2013

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


Pada postingan kali ini saya akan menyampaikan suatu ringkasan materi tentang Sistem Informasi Berbasis Komputer dengan cakupan Sistem Pengolahan Data. Kita harus memahami konsep sistem pengolahan data seperti tujuan dan tugas pengolahan data serta peranannya dalam pemecahan masalah.
Chek it out..

Pengertian pengolahan data (data processing) adalah manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya. Tugas pengolahan data perusahaan dilaksanakan oleh sistem informasi akuntansi (SIA) yang mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.

Contoh dalam SIA, tugas pengolah data yaitu:

  • Pengumpulan data

Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.

  • Manipulasi data

Operasi manipulasi data meliputi pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, dan pengikhtisaran. Pengklasifikasian yaitu elemen-elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode. Penyortiran yaitu catatan-catatsan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode. Perhitungan operasi aritmatika dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen-elemen data tambahan. Pengikhtisaran yaitu banyak data yang perlu disarikann menjadi bentuk total, subtotal, rata-rata, dan seterusnya.

  • Penyimpanan data

Seluruh data harus disimpan di suatu tempat hingga diperlukan. Data disimpan pada media penyimpanan sekunder dan file dapat diintegrasikan secara logis untuk membentuk suatu database.

  • Penyimpanan dokumen

SIA menghasilkan output untuk perorangan dasn organisasi baik dalam maupun luar perusahaan. Output tersebut dipicu dalam dua cara yaitu oleh suatu tindakan dan oleh jadwal waktu.

Ada beberapa karakteristik pengolahan data yang membedakannya dari area aplikasi lain. Pengolahan data melaksanakan tugas yang diperlukan, mengikuti prosedur-prosedur yang relatif standar, menangani data yang rinci, terutama berfokus pada historis, serta menyediakan informasi pemecahan masalah sebagai hasil sampingan dari kegiatan-kegiatan yang lain.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat. J

Sumber : McLeod Raymond, Sistem Informasi Manjemen,  Jilid 2, Edisi Ketujuh, Prenhallindo, Jakarta, 2001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar