<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Minggu, 18 November 2012

INFORMASI SEBAGAI SUMBER DAYA ORGANISASI


Pengelolaan sebuah organisasi tentu melibatkan berbagai sumber daya yang merupakan aset organisasi tersebut. Informasi sebagai suatu sumber daya organisasi semakin dianggap penting untuk dikelola seperti halnya sumber daya organisasi lainnya. Terdapat 5 jenis sumber daya organisasi yang terkenal dengan istilah 5M, yaitu:
  1.  Man (manusia)
  2. Money (uang)
  3. Material (bahan baku kerja)
  4. Machine (peralatan mesin)
  5. Methode (metode kerja organisasi)

Lima sumber daya yang pertama adalah sumber daya fisik, yang memiliki wujud, sementara sumber daya informasi merupakan sumber daya konseptual. Sumber daya konseptual dipakai oleh para manajer untuk mengelola sumber daya fisik. Sumber daya informasi bukan Cuma meliputi informasi dan data, tetapi juga perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database, informasi dan data. Organisasi dalam operasinya selalu membutuhkan sistem-sistem untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, melihat kembali, dan menyalurkan informasi.

Sumber daya dalam organisasi perlu terus-menerus disusun ulang agar siap pakai pada saat diperlukan perusahaan. Penyusunan ulang tersebut juga vbertujuan untuk menghasilkan daya guna yang lebih tinggi.

Perhatian pada manajemen informasi semakin lama semakin besar. Informasi semakin disadari sebagai sumber daya organisasi yang perlu dikelola dengan baik. Hal ini disebabkan oleh dua hal, yaitu sebagai berikut:
  • Kegiatan bisnis yang semakin kompleks daripada sebelumnya. Sekarang ini hampir semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi global,sehingga persaingan pun semakin tinggi. Proses bisnis berlangsung semakin cepat dan teknologi yang dipakai dalam bisnis juga semakin kompleks.
  • Kemampuan komputer yang semakin baik, baik dari segi harga, kemampuan, maupun kemudahan penggunaannya. Selain itu, hal ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi pendukung lain seperti komunikasi dan jaringan komputer yang berlangsung pesat.


Demikian postingan singkat tentang informasi sebagai sumber daya organisasi
Semoga bermanfaat. Terima kasih. J

Sumber :    Eko Nugroho, Buku Sistem Informasi Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar