<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Rabu, 02 Januari 2013

DANA KAS KECIL


Pada tulisan postingan kali ini, saya akan membahas dengan singkat tentang Kas Kecil. Check it out.. J

Kas merupakan aktiva perusahaan yang tidak produktif dan sangat rentan terhadap perubahan nilai atau perubahan daya beli dan penyalahgunaan.  Oleh karena itu dibutuhkan sebuah manajemen kas yang baik.

Tujuan Manajemen Kas :
  1. Melindungi kas dari tindakan penyelewengan, penggelapan ataupun pencurian
  2. Pemisahan teknis secara tegas antara petugas yang melakukan pencatatan dengan   petugas yang menangani kas secara fisik.
  3. Diterapkannya sistem kunci / password untuk aplikasi komputer.
  4. Rolling karyawan dan pemberian cuti kepada karyawan
  5. Menyimpan kas di bank dan hanya menyediakan sejumlah kecil kas di perusahaan             untuk keperluan pengeluaran rutin harian.


Definisi kas juga bisa berarti suatu aktiva perusahaan yang berupa uang tunai dan segala sesuatu yang dapat disifati sebagai uang tunai.

Sifat Uang Tunai :
-          Mempunyai nilai nominal
-          Dapat digunakan sebagai alat pembayaran
-          Dapat digunakan sebagai alat ukur kekayaan
-          Dapat diterima oleh bank sebagai deposito

Dalam perusahaan, transaksi pengeluaran uang begitu banyak. Adapengeluaran uang yang jumlahnya relatife kecil dan ada pula pengeluaran yang jumlahnya relatife besar. Uang tunai yang di sediakan untuk pengeluaran yang jumlahnya relatife kecil di sebut Kas Kecil atau Petty Cash. Contohnya membeli perlengkapan seperti alat tulis, materai dan sebagainya.

Ada dua metode untuk membukukan kas kecil yaitu :
1.      Metode Dana Tetap (Imprest Method)
Kasir kas kecil menerima uang tunai dan melaksanakan pembayaran sesuai ketentuan yang telah di tetapkan. Jika sisa uang sudah mencapai batas minimum kasir mengajukan permohonan untuk memperoleh penggantian dengan memperlihatkan bukti pengeluaran kas kecil.Besarnya penggantian sebesar pengeluaran yang telah dilakukan sehingga saldo kas kecil selalu tetap seperti semula.

2.      Metode Fluktuasi (Fluktuation Method)
Perbedaan antara metode dana tetap dengan metode fluktuasi sebagai berikut:
1.                  Dalam metode dana tetap, pengeluaran yang dilakukan oleh kasir kas kecil tidak di buat jurnal sedangkan dalam metode fluktuasi pengeluaran yang di lakukan oleh kasir kas kecil di buat jurnal.
2.                  Dalam metode dana tetap, Besarnya penggantian sebesar pengeluaran yang telah dilakukan sehingga saldo kas kecil selalu tetap seperti semula. sedangkan dalam metode fluktuasi pengisian kembali tidak harus sebesar pengeluaran yang di lakukan.
3.                  Dalam metode dana tetap, saldo kas kecil tetap (seperti semula) sedangkan dalam metode fluktuasi saldo kas kecil berubah-ubah (tidak tetap)


Sumber : http://id.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar