<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

PERENCANAAN ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN

Pada postingan kali ini saya akan memaparkan tentang perencanaan dan pengorganisasian kewirausahaan. Kita akan mengetahui apa itu perencanaan organisasi kewirausahaan dan pengorganisasian itu sendiri. Keep calm and learn on.. :)

Apa sih Perencanaan Organisasi itu?

Perencanaan organisasi adalah proses menentukan bagaimanan organisasi bisa mencapai tujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam istilah resmi perencanaan didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari pogram tindakan yang ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara peluang-peluang yang diprediksi terlebih dahulu. Perencanaan organisasi mempunyai dua maksud: perlindungan dan kesepakatan (protective dan affirmative).

Keuntungan Program Perencanaan:

1. Membantu wiraswastawan berorientasi ke masa depan

2. Koordinasi keputusan

3. Menenkankan tujuan organisasional

Kekurangan Program Perencanaan:

1. Penekanan pada program perencanaan akan memakan banyak waktu manajemen

2. Manajemen harus membagi antara waktu yang digunakan dalam perencanaan dengan waktu yang digunakan untuk fungsi manajemen lainnya.

Lalu apa sih pengertiaan dari pengorganisasian itu sendiri?

Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam system manajemen. Penggunaan yang teratur tersebut menekankan pada pencapaian tujuan system manajemen dan membantu wiraswastawan tidak hanya dalam pembuatan tujuan yang Nampak tetapi juga dalam menegaskan sumber daya yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Fungsi pengorganisasian sangat penting bagi system manajemen karena merupakan mekanisme utama dengan mana wiraswastawan mengaktifkan rencana-rencana. Pengorganisasian menciptakan dan mempertahankan hubungan antar semua sumber daya organisasional dengan menunjukkan sumber daya yang akan digunakan untuk aktivitas tertentu, dan kapan, dimana dan bagaimana sumber daya tersebut digunakan.

Lima langkah utama dari proses pengorganisasian adalah:

1. Tercermin dalam rencana-rencana dan tujuan-tujuan

2. Menetapkan tugas-tugas pokok

3. Membagi tugas-tugas pokok dalam subtugas-subtugas

4. Alokasi sumber daya dan pengarahan bagi subtugas-subtugas

5. Mengevaluasi hasil dari strategi pengorganisasian yang diimplementasikan

Sekian posting untuk tugas softskill kali ini tentang perencanaan organisasi dan pengorganisasian kewirausahaan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Terima kasih.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar