<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Sabtu, 23 Juni 2012

USAHA WARALABA KLENGER BURGER


Pada postingan tugas kali ini, saya akan membahas sedikit tentang profil usaha, SWOT, serta strateginya dari suatu contoh usaha yaitu waralaba “Klenger Burger”.
Check it out..
PROFIL USAHA
PT. Kinarya Anak Negeri adalah sebuah perusahaan yang merupakan wadah para generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi dan memiliki cita-cita untuk berbakti dalam berkarya serta berekspresi bagi kemajuan negeri. PT. Kinarya Anak Negeri ini didirikan pertama kali pada tanggal 10 Februari 2006 oleh sepasang suami isteri Velly Kristanti dan Gatut Cahyadi. Brand pertamanya yaitu Klenger Burger.

Nama waralaba           : Klenger Burger
Franchisor                   : Velly Kristianti dan Gatut Cahyadi
Bidang usaha              : Gerai Burger
Keunikan                     : Gerai burger dengan daging yang dipanggang (grill)
Motonya                      : “No Grill, No Way”
Berdiri                         : 2006
Waralaba Fee              : Sistem Paket Investasi
Total modal awal        : Rp 70 juta s/d 100 juta (belum termasuk sewa tempat)
Perkiraan BEP             : 10 bulan
Alamat Kantor Pusat  : Jalan RC Veteran No. 21 Bintaro, Jakarta Selatan.
Telepon                       : (021) 7373 589
Fax                              : (021) 7372 985

ANALISA SWOT

Kekuatan (Strengths)
1. Memiliki produk yang variatif dan inovatif
2. Lokasi beberapa outletnya cukup strategis dantersebar di hampir seluruh Indonsesia
3. Memiliki reputasi yang cukup baik
4. Pelayanan yang sangat baik, ramah dan sopan
5. Harga produk yang kompetitif atau bersaing
6. Terdapat akses ke internet di kantor perusahaan
Kelemahan (Weakness)
1. Belum dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalamoperasional bisnis
2. Image pesaing yang terlalu kuat
3. Penerapan pemasaran online masih kurang efektif dan efisien
4. Ruang kerja yang kurang kondusif
Peluang (Opportunities)
1. Semakin berkembangnya teknologi informasi
2. Perubahan gaya hidup masyarakat modern yang menyukai makanan siap saji / fast food
3. Pemasaran dengan internet menjadi trend pada saat ini
4. Jumlah pengguna internet terus mengalami peningkatan
5. Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk
Ancaman (Threats)
1. Jumlah pesaing mengalami peningkatan
2. Selera dan kebiasaan konsumen yang berubahubah
3. Perusahaan pesaing yangsudah memanfaatan teknologi informasi secara maksimal
4. Adanya barang substitusi
5. Investor lokal yang lebih menyukai brand internasional untuk pewaralabaan
STRATEGI
Berdasarkan pada analisis SWOT di atas, didapatkan beberapa alternatif strategi sebagai berikut :
  •  Mengembangkan pemasaran dengan perancangan website e-marketing yang lebih baik
  •  Mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan
  •  Memfasilitasi layanan keluhan pelanggan terhadap perusahaan dalam website perusahaan
  • Menawarkan harga yang menarik dan memberikan diskon pada saat promosi
  • Meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan menarik investor local
  • Memperkuat image perusahaan dengan menghadirkan menu baru yang lebih unik
  • Melakukan inovasi dalam sistem pemasaran perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk meningkatkan daya saing perusahaan
  • Meningkatkan daya saing dengan memberikan suatu pelayanan pembelian online untuk mencapai customer satisfaction.
  • Menawarkan produk melalui internet dengan menerapkan e-marketing sebagai media pemasaran produk dilakukan secara maksimal.
Sumber : bisnis.com dan library.binus.ac.id



1 komentar: