<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Senin, 25 Juni 2012

USAHA WARALABA BAKSO CAK MAN


Sebelumnya saya sudah membahas sedikit tentang profil usaha, SWOT, serta strateginya dari suatu contoh usaha bidang makanan, sekarang saya akan memberikan contoh lagi yaitu usaha kecil “Bakso Cak Man”.

 Check it out..

PROFIL PERUSAHAAN

Sejarah singkat :
“H. Abdur Rachman Tukiman yang akrab dipanggil Cak Man, dilahirkan
tanggal 4 April 1961 dari pasangan keluarga petani, Ibu Paijem dan Bapak
Saimun di sebuah dusun kecil di lereng Gunung Wilis, Desa Sumurup, Kecamatan
Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Berawal dari berjualan keliling dengan
gerobak, ternyata bakso yang selama ini dipikulnya keluar-masuk gang larismanis
terjual habis, dari hari ke hari omzetnya senantiasa meningkat dan akhirnya
berkembang pesat. Cak Man memutuskan untuk membangun merk dagang yaitu
dengan nama Bakso Kota Cak Man untuk ketahap yang lebih besar dan jangka
waktu yang panjang karena selama ini Cak Man merasa bahwa telah cukup menimba ilmu memasak bakso dan lebih berpengalaman.”

Lokasi usaha :
Bakso Kota Cak Man adalah salah satu usaha yang menggunakan sistem waralaba dari sekian banyak usaha produk makanan lainnya, sehingga tidaklah heran di luar Kota Malang kita menemukan brand Bakso Kota Cak Man, di Kota Malang sendiri mempunyai tujuh outlet.

Nama waralaba             : Bakso Kota Cak Man
Franchisor                      : Bakso Kota Cak Man
Bidang usaha                 : Bakso
Berdiri                            : 1984
Waralaba Fee                 : 50 juta
Total modal awal           : Rp 110 juta
Perkiraan BEP                : 12 bulan
Alamat                           : Jalan Kedawung ll no 11 Malang Telp: (0341) 474648

ANALISA SWOT
STRENGTS (S)
  • Memiliki brand name yang kuat.
  • Kualitas dan rasa baik dan dipertahankan dari satu outlet ke outlet lainnya.
  • SDM yang terlatih
  • Lokasi pemasaran yang strategis
  • Menjual produk fresh food.
WEAKNESS (W)
  • Tidak semua kalangan mampu menikmati produk BKCM.
  • Harga mahal dibandingkan dengan usaha sejenis.
  • Kurang agresif dalam beriklan.
  • Terbatasnya tenaga penilai dan tenaga pengontrol outlet franchisee.
  • Naik-turunnya harga baku yang dapat mempengaruhi harga penjualan.

OPPORTUNITIES (O)
  • Tumbuhnya daya beli masyarakat.
  • Adanya undangundang yang melindungi usaha waralaba, SITU dan keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan.
  • Banyak dibangunpemukiman penduduk serta ruko-ruko.
  • Lokasi penjualan yang strategis.
  • Tumbuhnya tingkat perekonomian masyarakat sehingga mempengaruhi gaya hidup.

THREATHS (T)
  • Kenaikan BBM, elpiji, bahan baku bakso serta bahan variannya.
  • Banyak bermunculan pengusaha baru yang sejenis.
  • Isu negatif penggunaan daging tikus, formalin dan borax.
  • Keluarnya pegawai bagian produksi yang bisa menjadi ancaman.
  • Strategi bisnis yang mudah ditiru. 

Sekian untuk tugas ke-2 softskill saya ini yang berhubungan tentang profil usaha kecil beserta analisa SWOT nya. mohon maaf bila terdapat kekurangan. Terima kasih atas perhatiannya. :)

sumber : lib.uin-malang.ac.id

2 komentar:

  1. info bisnis online gan
    okeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
    ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
    daftar grtais dr Url sya
    untuk info lanjut 082166643133

    BalasHapus
  2. Mantap bakso Cak Man
    dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat yang lain

    BalasHapus