<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Jumat, 01 Oktober 2010

BISNIS TOKO KELONTONGAN DI PEMUKIMAN MASYARAKAT

Toko kelontongan atau warung adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti sembako, makanan, dll. Usaha toko kelontongan adalah usaha yang mudah didirikan dan dikelola untuk sebagian para pengusaha, karena dengan modal yang tidak terlalu besar kita bisa mendirikan usaha ini. Pada saat ini toko kelontong sedang bersaing ketat dengan supermarket ataupun minimarket. Tetapi masih banyak toko kelontong yang masih bertahan di tengah persaingan ini. Di daerah rumah saya saja semakin bertambah toko kelontong atau warung-warung, jarak nya pun saling berdekatan. Mereka terus bersaing untuk mempertahankan toko kelontongnya, apalagi ditambah minimarket yang bermunculan. Banyak masyarakat yang lebih memilih belanja kebutuhannya di minimarket ataupun supermarket, mungkin karena dari pelayanan, kenyamanan, dan kelengkapannya. Para pengusaha toko kelontong atau warung harus memperhatikan dengan jeli seperti apa yang diinginkan pelanggan, agar toko kelontongnya dapat bertahan dalam tingkat persaingan yang tinggi.


Dulu kakak saya pernah mendirikan toko kelontong di rumah. Dengan modal yang cukup, kakak saya bisa mengelolahnya walaupun hanya keci-kecilan. Pada saat itu yang sedang ramai dikonsumsi masyarakat terutama anak-anak adalah minuman yang diblender, seperti pop ice. Akhirnya kakak saya menyediakan/menjual minuman seperti itu. Tanggapan atau respon dari konsumen masyarakat pun ramai, tetapi itu tidak dapat bertahan lama karena bertambahnya pesaing. Akhirnya bisnis ini pun sepi dan kemudian tutup toko.


Persaingan yang semakin pesat membuat para pengusaha toko harus pintar-pintar memperhatikan kebutuhan konsumen. Agar konsumen yang sudah menjadi pelanggan baik tidak berpindah ke lain hati dan menambah pelanggan-pelanggan baru. Sebaiknya untuk menjalankan suatu bisnis kita tidak boleh ada kata menyerah, jadi kita harus terus berusaha agar menjadi pengusaha yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar